THE TIELMAN BROTHER'S, Band ROCK N' ROLL Indonesia Yang Terlupakan

1 Comments
BrankasPengetahuan. kalian semua pasti mengenal The Beatles dan Rolling Stone. mereka itu memang musisi handal yang albumnya selalu dikenang sepanjang masa.
Tapi jauh sebelum kejayaan mereka, Indonesia pernah mencatatkan sejarah mencetak band rock gokil pada akhir tahun 1960-an. Mereka bukan Koes Bersaudara ataupun Koesplus atau Panbers, mereka adalah "The Tielman Brothers".
The Tielman Brothers adalah orang keturunan maluku yang besar Surabaya dan pindah ke Belanda untuk mengadu nasib. Mereka adalah kakak beradik dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess. Pasangan kakak beradik ini antara lain, Andy Tielman (lead guitar, vocals), Reggy Tielman (2nd lead guitar, vocals), Ponthon Tielman (double bass, vocals)Loulou Tielman (drums, vocals). Kebiasaan bermusik di keluarga yang kental lah yang membuat Tielman bersaudara ini sangat mahir dalam bermusik, dan menciptakan sound-sound yang aneh pada zamannya.
Konon, Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi The Tielman Brothers
Jauh sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960-an.Maklumlah, The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu rock n roll lebih dahulu sebelum The Beatles muncul.Saat The Beatles manggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielmans Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin bass.
Dan saat itulah untuk yang pertamakalinya Paul melihat Bass Violin Hofner.Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings.Fender sengaja mengirim representative-nya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.
Dengan membawa budaya tropis dan kecintaan kepada gitar, mereka melahirkan Indorock yang bercirikan dominasi gitar yang dipadukan dengan musik Hawaii, country, dan Rock n Roll.Panggung tempat mereka bermain selalu dipenuhi aksi-aksi spektakuler di jamannya.
Seperti : style main gitar dengan meliuk ala Heavy Metal 80-an, aksi manggung liar ala Punk,main drum sambil berdiri ala Lars Ulrich Metallica, dan mbetot bas di bawah ala Korn.

VIDEO LIVE THE TIELMAN BROTHER'S TAHUN1960
 

 FOTO-FOTO AKSI PANGGUNG GOKIL
 
 
Sayang nampaknya di Indonesia sendiri eksistensi mereka kurang dikenal, orang Indonesia lebih menyukai The Beatles, Jimmy Hendrik, dan Rolling Stones. Padahal sebelum The Beatles terkenal Paul Mc Cartney pernah menonton band-band Indorock dan dia sangat terinspirasi akan musik-musik band indorock. Lalu teknik permainan gitar sang dewa gitar Jimmy Hendrik sebenarnya sudah dimainkan secara apik oleh The Tielman Brothers. Jadi berbanggalah Indonesia pernah memiliki The Tielman Brothers.


You may also like

1 komentar: